Curug Banyunibo Bantul, Curugnya Anak-anak Pajangan

16:49:00


Curug Banyunibo tidak seperti air terjun kebanyakan yang airnya langsung jatuh kebawah dari atas ketinggian, melainkan airnya mengalir melewati lereng berbatu dengan kemiringan sekitar 70 derajat dan tinggi sekitar 10 meter. Airnya jernih kehijauan akibat warna dari lumut yang tumbuh diantara bebatuan. Suasananya sangat tenang dengan udara yang segar, saya tidak menjumpai orang lain di curug ini. Selang beberapa menit kemudian terlihat beberapa anak yang datang untuk mandi dan bermain air di curug ini. Debit air curug tidak banyak, mungkin karena sudah tidak musim hujan.

Curug ini berada di Dusun Kabrokan Kulon, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, berada tidah jauh dari Curug Pulosari, sekitar 1 km. Saya mengikuti papan petunjuk yang ada dan bertanya kepada warga sekitar agar tidak kesasar. Setelah melewati perkampungan dengan medan jalan berupa cor akhirnya saya sampai tujuan dan memarkirkan kendaraan di rumah warga. Dari tempat parkir saya melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 100 meter melewati jalan yang sedikit menurun.




Untuk menikmati keindahan curug ini tidak dikenakan retribusi masuk, hanya dikenakan biaya parkir Rp.2.000,-. Belum terlihat fasilitas penunjang di destinasi wisata ini, hanya ada tempat duduk sederhana dan tempat parkir yang masih menggunakan halaman rumah warga.

You Might Also Like

0 comments