Curug Pulosari Bantul, Curug Seputih Tirai Yang Indah

11:32:00


Curug tapi bentuknya seperti tirai putih, itu informasi awal yang saya dapat dari instagram. Curug ini terletak di Desa Krebet, Kelurahan Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, 17 km dari pusat Kota Jogja. Sekedar informasi, Desa Krebet dikenal sebagai sentra wisata kerajinan batik kayu. Batik kayu adalah proses pembatikan pada media kayu, uniknya proses pembatikan sama dengan pada kain, yaitu menggunakan canting. 

Dengan menggunakan GPS di smartphone saya berangkat menuju curug ini. Di GPS jarak yang tertera sekitar 20 km atau 45 menit. Jalan menuju curug ini terbilang bagus, tetapi begitu sampai di Desa Krebet jalannya agak rusak, sehingga disarankan kalau mau kesini lebih enak dengan menggunakan motor. Setelah memarkirkan motor dan membayar biaya parkir Rp.3.000,- (tidak ada retribusi tiket masuk) saya masih harus berjalan sekitar 200 meter menuruni jalan setapak berbatu yang terjal dan curam. Apabila merasa capek bisa intirahat sejenak di gubug-gubug yang ada di sepanjang jalan menuju curug ini.
 
(Papan petunjuk menuju curug)
(Jalan setapak berbatu yang terjal dan curam menuju curug)
Setelah menyeberang jembatan kayu (yang terlihat agak rapuh), mulai terdengar suara gemericik air terjun diantara asrinya pohon jati. Jika dilihat dari atas, Curug Pulosari kurang begitu bagus, namun begitu turun ke bawah terlihat pemandangan air terjun yang indah seperti tirai putih dengan kolam dibawahnya. Air terjun dengan ketinggian sekitar 5 meter ini airnya sangat jernih, sayang debit airnya tidak banyak. Informasi dari warga air mengalir cukup deras pada waktu musim hujan, bahkan pada musim kemarau curug ini kering.




Fasilitas yang tersedia antara lain gazebo, tempat duduk dan warung penjaja makanan dan minuman. Sewaktu mau pulang saya membeli sebotol legen (minuman tradisional dari pohon siwalan) seharga Rp.5.000,- untuk sekedar menghilangkan dahaga, sayangnya legennya tidak murni, dicampur dengan air dan gula, tidak seperti legen yang ada di Tuban, Jawa Timur.

You Might Also Like

0 comments