Watu Goyang Mangunan, Tempat Menikmati Sunset diatas Makan Raja Imogiri

14:03:00


Di Jogja ada batu yang bisa bergoyang, kalau tidak percaya, datang saja ke Watu Goyang. Destinasi wisata ini berada di Pedukuhan Cempluk, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, sekitar 20 km dari Kota Jogja, di sebelah kiri Jalan Raya Mangunan, tidak jauh dari gapura “Selamat Datang di Desa Wisata Mangunan.” Dari jalan raya tersebut, pengunjung akan memasuki sebuah jalan bebatuan yang menanjak dengan sebuah gapura kayu bertuliskan “Wisata Watu Goyang.” Nama Watu Goyang diambil dari keberadaan batu besar yang saling bertindih di puncak bukit ini. Jika batu tersebut digerakan, batu tersebut dapat bergoyang. Katanya batu tersebut tidak akan jatuh walaupun digoyang sekencang mungkin.

(Gapura kayu "Wisata Watu Goyang" menyambut pengunjung)
Watu Goyang baru dibuka untuk umum pada bulan Januari 2017 dan menawarkan panorama alam dari atas perbukitan. Untuk memasuki destinasi wisata ini pengunjung hanya dikenakan biaya parkir Rp. 3.000,- saja. Dari tempat parkir pengunjung harus berjalan kaki menaiki perbukitan yang dihiasi bunga-bunga yang membentuk tulisan “Watu Goyang.” Perjalanan menuju ke puncak bukit tidaklah susah karena sudah dibangun anak tangga, jaraknyapun tidaklah jauh. 

Sesampainya di puncak bukit Watu Goyang, pengunjung dapat menyaksikan pemadangan Kota Jogja. Dari bukit ini puncak makam raja-raja Imogiri juga dapat dilihat. Bagi pecinta foto selfie, ada beberapa spot foto menarik dan unik, semuanya gratis. Waktu kesini saya bertemu dengan rombongan anak SD Mangunan yang datang bersama beberapa gurunya. Mereka terlihat sangat senang dan menikmati kunjungan mereka ke destinasi wisata ini.

Walaupun terbilang masih baru, fasilitas yang ada di Watu Goyang sudah lumayan, ada tempat parkir yang luas, toilet, gazebo dan warung makan. Sayangnya tempat parkirnya masih berupa tanah lita, jadi akan menjadi becek dan licin apabila hujan.









You Might Also Like

0 comments