Kedung Pengilon Bantul, Air Terjun Hijau Tosca Yang Mistis

10:00:00


Curug yang bisa buat bercermin? Sebening apa airnya? Saya mendapatkan informasi destinasi wisata ini dari penjaga parkir di Curug Pulosari. Setelah terlebih dahulu mengunjungi Curug Banyunibo yang tidak jauh dari Curug Pulosari, saya melanjutkan perjalanan ke Kedung Pengilon.


Setelah menempuh jarak sekitar 5 km, akhirnya saya sampai ke Kedung Pengilon. Kedung Pengilon terletak di Dusun Petung, Desa Bangunjiwo, Kecamatan Kasihan, Kabupaten Bantul. Setelah memarkirkan motor, saya melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuruni anak tangga (yang kayaknya belum lama dibangun). Setelah berjalan sekitar 200 meter diantara hutan jati, terlihat sebuah air terjun dengan ketinggian sekitar 10 meter dengan sebuah kolam berwarna hijau tosca dibawahnya dengan diameter sekitar 15 meter. Dari papan informasi yang ada, kedalaman kolam mencapai 8 meter. Untuk menyeberang ke sisi lain Kedung Pengilon dibangun sebuah jembatan.

(Papan informasi dan peringatan serta jembatan untuk menyeberang ke sisi lain curug)
Sewaktu saya datang, saya melihat beberapa pengunjung yang meloncat dan meluncur bebas ke dalam kolam, ada juga yang sekedar duduk-duduk di gazebo sambil menikmati pemandangan air terjun. Adapun asal usul nama Kedung Pengilon berasal dari kolam (kedung) yang airnya sangat jernih sehingga bisa digunakan untuk pengilon (bercermin). Konon terdapat mitos kalau Kedung Pengilon dikuasai oleh ratu ular gaib bernama Nini Blorong yang bermukim di pusaran air di tengah curug. Nini Blorong akan meminta tumbal setiap tahunnya dan mengganggu pengunjung yang jahil. Tak heran kalau selain dikunjungi wisatawan, Kedung Pengilon juga sering didatangi orang-orang yang melakukan ritual kebatinan.



Berkunjung ke destinasi wisata ini sebaiknya pada musim penghujan dimana debit airnya akan cukup besar, tidak seperti pada saat saya berkunjung, debit airnya kecil. Untuk memasuki Kedung Pengilon pengunjung tidak dikenakan biaya masuk, hanya dikenakan biaya parkir Rp.2.000,- Di Kedung Pengilon sudah tersedia toilet, kamar ganti dan gazebo, saya tidak melihat warung yang menjajakan makanan dan minuman.

You Might Also Like

0 comments