Kebun Buah Mangunan, Sebuah Negeri di Atas Awan

14:55:00


Kebuh buah di atas area seluas 23,34 hektar ini ditanami berbagai jenis pohon buah diantaranya durian, mangga, sawo, jeruk, rambutan, manggis, duku, jambu air, jambu biji, kelengkeng, matoa, belimbing, dan cempedak. Namun yang menjadi tujuan utama kebanyakan pengunjung kesini bukanlah untuk agrowisata melainkan untuk berfoto di spot yang ada di sini.

Kebun Buah Mangunan dibangun pada tahun 2003 oleh Permerintah Kabupaten Bantul. Destinasi wisata ini berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, sekitar 23 km dari pusat Kota Jogja. Berada di ketinggian 150 - 200 mdpl, tempat ini menawarkan udara pegunungan yang sejuk dengan pemandangan alam yang sangat indah. Jika beruntung kita bisa menikmati kumpulan awan yang menggumpal di kaki bukit tepat berada di bawah kita, tak salah jika tempat ini mendapat julukan “Negeri di Atas Awan.” Waktu yang paling pas untuk datang ke Kebun Buah Mangunan adalah pagi hari untuk melihat sunrise atau melihat kumpulan kabut di atas Sungai Oyo. 
Aktivitas lain yang bisa dilakukan adalah outbound, camping dan olahraga sepeda gunung. Karena dikelola oleh pemda, faslitas yang ada sudah cukup lengkap, selain mushola, toilet dan area parkir, terdapat banyak sekali warung makan yang sudang tertata dengan rapi. Untuk berkunjung ke Kebun Buah Mangunan akan dikenakan tiket masuk Rp.5.000,-






You Might Also Like

0 comments