Gunung Mungker, Puncak Tertinggi Kabupaten Bantul

21:14:00


Satu lagi destinasi wisata baru di Kabupaten Bantul, namanya Gunung Mungker. Menurut Lurah Desa Terong, Bapak Welasiman, Gunung Mungker baru dibuka pada bulan Januari 2017 dan saat ini masih dalam tahap pengembangan. Dahulu Gunung Mungker hanyalah sebuah gunung yang sepanjang jalannya berupa tanaman dan pohon liar. Lebih lanjut beliau mengatakan bahwa Gunung Mungker merupakan puncak tertinggi di Kabupaten Bantul yang secara administratif berada di Pedukuhan Pencitrejo, Desa Terong, Kecamatan Dlingo Kabupaten Bantul. Dari Puncak Gunung Mungker selain panorama sunrise dan sunset, pengunjung bisa melihat hamparan perbukitan Gunung Kidul yang hijau dan ombak pantai selatan Jogja. Untuk menguji adrenalin, terdapat arena flying fox sepanjang 120 meter dari puncak Gunung Mungker.

(Spanduk di pintu masuk)



Gunung Mungker berada di jalur ke arah Puncak Pengger, akses menuju Gunung Mungker sangat gampang, ikuti papan petunjuk yang ada atau bisa juga menggunakan GPS. Begitu  memasuki kawasan Gunung Pengger terdapat sebuah spanduk selamat datang dan sebuah loket masuk. Setelah membayar tiket masuk, saya dipersilahkan mengikuti jalan berupa paving block. Jalan tersebut melingkari bukit Gunung Mungker, bahkan pengunjung bisa mengendarai motor atau mobilnya sampai ke atas sehingga memudahkan pengunjung untuk menuju puncak. 


(Lapangan dan aula/ruang pertemuan)

(Aula/ruang pertemuan)
Walaupun masih terbilang baru, fasilitas di Gunung Mungker sudah lumayan lengkap. Selain tempat parkir, sudah ada toilet, mushola, warung makan, gazebo dan tempat duduk dari papan. Ada juga aula/ruang pertemuan  yang disewakan untuk umum. Di depan aula terdapat lapangan yang biasa digunakan warga untuk senam. Untuk memasuki Gunung Mungker pengunjung hanya dikenakan biaya parkir motor Rp.3.000,-, mobil Rp.10.000,- dan bus Rp.20.000,-


(Ulah oknum yang tidak bertanggungjawab, mencorat-cotet fasilitas yang ada)

You Might Also Like

2 comments

  1. Bagus pemandangannya dan lengkap fasilitasnya cocok untuk pertemuan komunitas maupun keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar Pak Surya Admaja, parkirnya juga luas

      Delete