Air Terjun Sewawar dan Sedinding Karanganyar, Kembar Tapi Beda

13:04:00


Penasaran gara-gara nonton trailer "Bocah Angon" di youtube yang salah satu pemainnya adalah anak dari teman kantor, saya memutuskan untuk mengunjungi Air Terjun Sewawar dan Sedinding. Pukul 09.30 WIB saya berangkat dari rumah dengan motor sudah full tank dan bantuan google map. Perjalanan mulai terasa agak berat ketika sudah sampai di daerah Kemuning, karena jalannya menanjak dan berkelok-kelok. Jadi kalau kamu berencana mengunjungi destinasi wisata ini diharapkan menggunakan kendaraan yang "sehat." Setelah menempuh perjalanan 1 jam lebih akhirnya saya sampai ke tempat tujuan, walaupun tadi sempat dibuat bingung ketika jalan yang ditunjukkan oleh google map ditutup karena sedang ada acara nikahan. 

Letak
Air Terjun Sewawar dan Sedinding berada di Dukuh Sekarang, Desa Trengguli, Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, sekitar 45 km dari Kota Solo. Papan penunjuk menuju air terjun masih sangat minim, saya baru menemui papan petunjuk 2 km sebelum air terjun, kalau mau kesini silahkan menggunakan bantuan google mapKarena jalannya sempit, kendaraan yang bisa masuk sampai mendekati pintu masuk cuma motor, sedangkan mobil bisa diparkir dibawah, 500 meter sebelum pintu masuk. 

Menurut Pak Narso (pengelola air terjun), tempat ini baru dibuka untuk umum awal tahun 2016, meski begitu tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet, tempat parkir dan warung makan. Dari tempat parkir, pengunjung masih harus berjalan untuk menuju air terjun. Sekitar 100 meter dari pintu masuk ada warung makan dan persimpangan jalan menuju Air Terjun Sewawar dan Air Terjun Sedinding. 

(Persimpangan jalan menuju Air Terjun Sedinding dan Sewawar)

Air Terjun Sedinding
Saya memilih untuk mengunjungi Air Terjun Sedinding terlebih dahulu yang letaknya lebih jauh, sekitar 700 meter dari persimpangan penunjuk jalan tersebut dengan track berupa tanjakan dengan hamparan kebun milik warga setempat di kanan dan kirinya. Karena jalannya lumayan jauh dan menanjak, saya sempat berhenti beberapa kali untuk beristirahat. Rasa ngos-ngosan akan terbayar setelah sampai di Air Terjun Sedinding yang tingginya sekitar 8 meter dengan kolam dibawahnya dengan air yang segar dan sejuk. Di dekat air terjun ada sebuah warung makan (tetapi waktu itu sedang tutup) dan sebuah jembatan bambu.

(Selfie dengan background Air Terjun Sedinding)

(Air Terjun Sedinding)

Air Terjun Sewawar
Puas menikmati dan bermain di Air Terjun Sedinding, saya pun beranjak ke air terjun kembarannya yang terletak dibawahnya dan masih satu aliran sungai, yakni Air Terjun Sewawar. Air Terjun Sewawar letaknya sekitar 100 meter dari persimpangan jalan pintu masuk dengan track yang lebih landai. Air Terjun Sewawar tingginya sekitar 25 meter dengan bebatuan dibawahnya. Waktu saya kesini airnya tidak terlalu banyak, kalau musim penghujan mungkin airnya akan lebih banyak lagi. Di dekat air terjun juga ada sebuah warung makan (waktu itu juga tutup).

(Air Terjun Sewawar meskipun penuh dengan batu besar dibawahnya, pengunjung masih bisa bermain air)

(Mahasiswa dari Solo yang juga tertarik untuk berkunjung ke air terjun)

Saat berpamitan dan cerita ke Pak Narso kalau trailer "Bocah Angon" sudah ada di youtube, tampak wajah bangga dan gembira dari beliau. Saat menemukan filmnya di youtube, dengan penasaran dan antusias Pak Narso dan rekan-rekan menonton trailer film "Bocah Angon" tersebut.

Tiket Masuk  : Rp. 4.000,-
Parkir Motor : Rp. 2.000,-

(Video perjalanan menuju Air Terjun Sewawar dan Sedinding)

You Might Also Like

0 comments